You are on page 1of 3

Analisa Trend Naik dan Turun

Maaf disini saya akan mencoba memberikan cara analisa untuk menentukan trend naik dan turun yang biasa saya pergunakan sebbagai pedoman dalam trading setiap hari

ANALISA PERHITUNGAN TREND NAIK DAN TURUN

Cara menentukan trend pergerakan naik dan turun adalah sebagai berikut : 1. Mengetahui harga pembukaan Cara mencari harga pembukaan yaitu dengan mengurangkan atau menambah harga LAST dengan CHANGE yang ada saat itu . Setelah ketemu harga pembukaan kemudian kita bandingkan dengan harga low dan high yang ada saat itu. Contoh mencari harga pembukaan apabila change berwarna merah : Harga LAST untuk eu saat ini 1.2571 kemudian CHANGE yaitu 25 warna merah maka harga pembukaannya adalah 1.2571 + 25 = 1.2596.

Contoh mencari harga pembukaan apabila change berwarna hijau : Harga LAST untuk eu saat ini 1.2571 kemudian CHANGE yaitu 25 warna Hijau maka harga pembukaannya adalah 1.2571 - 25 = 1.2546.

2. Menentukan trend naik dan turun a. Trend naik Jika diketahui harga High dan low saat itu adalah High 1.2600 dan low 1.2521 , setelah itu harga pembukaan yaitu 1.2546, kita kurangkan dengan harga terendah dan harga tertinggi kita kurangi harga pembukaan seperti berikut 1.2546 1.2521 = 25 1.2600 1.2546= 54 Karena hasilnya lebih besar dari hasil pengurangan harga pembukaan dikurangi dengan harga tertinggi maka trend dinyatakan Naik

Maaf tak merokok dulu ya sebentar lagi saya lanjutkan

b.Trend Turun Jika diketahui harga High 1.2625 dan Low 1.2550 dan harga pembukaannya yaitu 1.2596, maka perhitungannya sebagai berikut 1.2596 1.2550 = 46 1.2625 1.2596 = 29 Karena hasilnya lebih besar dari pengurangan harga Pembukaan dikurangi dengan harga low maka trend dinyatakan turun

Catatan : Untuk sebagai pedoman biasa saya gunakan 5 pair yaitu eu,gu,ej,gj dan uj , dan apabila salah satu pair dari kelima pair tersebut tidak menunjukan trend yang sama atau trend berbeda maka disarankan untuk tidak melakukan open posisi dahulu menunggu pergerakan dari satu pair yang berbeda itu agar sama trendnya.

Contoh jika 4 pair yaitu eu,gu,ej,gj telah menunjukan trend naik sedangkan uj menunjukan trend turun maka jika terjadi hal semacam ini mohon tidak open posisi dahulu menunggu sampai uj telah benar-benar dinyatakn naik. Jika sampai sesi amerika menjelang buka uj belum bisa dinyatakan naik maka akan terjadi pergerakan sebaliknya dan bisa mengakibatkan perubahan trend hingga menyentuh tp yang telah ditentukan sesuai perhitungan tp.

Contoh jika 4 pair yaitu eu,gu,ej,gj telah dinyatakan turun sedangkan uj menunjukan trend naik maka jika terjadi hal semacam ini kita juga harus menunggu sampai uj benar-benar turun . Dan jika terjadi hal semacam ini saat sesi Australia dan asia uj belum bisa menunjukan perubahan trend maka saat sesi eropa buka akan terjadi pergerakan yang sebaliknya hingga trend berubah dan sampai menyentuh tp yang sudah ditentukan.

2. Perubahan trend Setelah diketahui trend naik atau turun bisa saja terjadi perubahan karena pergerakan yang ditimbulkan dengan news yang muncul, untuk mengetahui perubahan trend itu dapat dilihat dari besarnya pergerakan yang telah melebihi batas perhitungan trend tersebut .

Contoh perubahan trend turun menjadi naik Sesuai perhitungan diatas trend turun karena pergerakan sudah bergerak turun ksebanyak 46 pip dari harga pembukaan maka jika pergerakan bergerak naik diatas 46 pip dari harga pembukaan maka trend akan cenderung berubah naik.

Contoh perubahan trend naik menjadi turun Sesuai perhitungan diatas trend naik karena pergerakan sudah bergerak naik sebanyak 54 pip dari harga pembukaan maka jika pergerakan bergerak turun hingga lebih 54 pip dari harga pembukaan maka trend akan cenderung berubah turun

Catatan : jika bisa menganalisa lebih dari 5 pair itu akan lebih baik karena kita akan lebih bisa menentukan sikap boleh atau tidaknya melakukan open posisi

4. Cara menentukan Open Posisi Dalam menentukan open posisi yang paling aman adalah dengan menunggu harga bergerak hingga menyentuh harga tertinggi atau terendah, jika pergerakan sudah bergerak sesuai dengan trend yang terjadi maka kita bisa menggunakan pedoman time frame 5 untuk tingkat akurasinya time frame 15 dan 30 menit. untuk konfirmasinya . Contoh : jika trend naik dan harga sudah bergerak turun dan kemungkinan tidak akan turun hingga harga terendah kita bisa gunakana tf 5 menit untuk ketepatannnya dan sebelum itu kita harus lihat dulu tf 15 dan tf 30menit apakah sudah saatnya untuk melakukan open posisi.

Catatan : perlu dipahami untuk melakukan analisa trend ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar jam 07.30 s/d 08.30 karena dengan menganalisa pada pagi hari kita bisa tahu cerita dari pergerakan jika kita trading sampai malam hari.