You are on page 1of 18

IMPLEMENTASI FRAMEWORK CODE IGNITER UNTUK APLIKASI SITUS PORTAL BERITA

SKRIPSI

untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat Sarjana S1 pada jurusan Teknik Informatika

disusun oleh Siti Khusnul Fajriyah 05.11.0728

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA 2010

ABSTRACT We know that the develop of a country is depend on the technology development as internet. Internet is being a rule on supplying information. A website in a big scale must being maintenance continue in order to be a people destination who search information. Writer in this research try to explain about how to maintenance a web good and easy with codeigniter framework. The method was using is research the fact, group the data and solve the problem related to making the website with codeigniter framework. Writer try to analize the main problem and the result is head for giving solution for people need to supplies of fast and structured information.
Keywords : codeigniter, technology, information

PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Teknologi Internet telah mengubah wajah komunikasi dunia yang sejak lama didominasi oleh perangkat digital non-komputer, menjadi komunikasi komputer yang global. Teknologi internet, memungkinkan kita untuk dapat berhubungan satu sama lainnya dengan perangkat komputer tanpa dibatasi lagi oleh ruang dan waktu. Keberadaan Internet saat ini memberikan keuntungan secara langsung maupun tidak langsung kepada dunia bisnis, pendidikan, komunitas dan banyak lagi dari skala kecil hingga besar. Adanya fasilitas dalam internet memungkinkan data-data bisa disimpan, diambil dan dikirimkan secara mudah keseluruh penjuru dunia dengan berbagai cara, data dan informasi yang ada dapat dihubungkan dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan hyperlinks ( penghubung virtual ). Perkembangan teknologi khususnya internet yang merupakan media penyampaian informasi kini tidak lagi menemui hambatan yang berarti, orang lebih mudah dalam berinteraksi dan bisa saling bertukar informasi saat itu juga. Hal ini menandakan bahwa internet mempunyai potensi yang sangat besar untuk dijadikan sebagai sarana komunikasi dan informasi yang handal dan murah. Website, merupakan salah satu alternatif penyampaian informasi kepada khalayak umum. Dapat kita lihat berbagai website bermunculan dengan bermacam corak dan ragamnya, mulai dari website yang sangat sederhana yaitu yang hanya berisi tag-tag HTML saja hingga website yang dinamis dimana dialamnya berisi script-script yang hanya bisa dibaca di server. Suatu website memerlukan sistem yang terstruktur, menggunakan aplikasi berskala besar dan perlu pemeliharaan dalam waktu yang lama, maka penanganannya tidak lagi dapat ditangani hanya oleh seorang webmaster. Tipe informasi yang disajikan menjadi lebih beragam, sehingga isi dari website pun harus diambil dari berbagai informasi yang beragam. Ketika penanganan ini hanya dilakukan oleh webmaster, maka proses CRUD ( Create, Read, Update, Delete ) informasi menjadi terhambat, dan tentu saja hal ini akan menyebabkan proses CRUD situs akan menjadi lambat dan akan memakan biaya yang jauh lebih besar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, dapat dilakukan dengan menggunakan Framework sebagai suatu solusi dalam memberikan kemudahan dalam pengelolaan website. Skripsi ini akan membahas studi kasus pembuatan situs portal berita menggunakan aplikasi framework Code Igniter, karena banyak situs-situs web yang lebih mengedepankan beberapa informasi berupa penyajian berita dan artikel. Dengan fasilitas portal berita maka para peminat informasi tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi yang up to date.

Berkaitan dengan masalah di atas, isi web yang berskala relatif besar dan memerlukan pengelolaan secara berkesinambungan ( continue ), merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan Penulis dalam pengembangan menulis website skripsi agar dengan dapat judul memaksimalkan mengatasi informasi. mencoba

Implementasi framework Code Igniter untuk aplikasi situs portal berita untuk problematika diatas. Penulis mencoba membuat aplikasi tersebut menggunakan bahasa pemrograman PHP karena disamping PHP merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari, PHP merupakan bahasa pemrograman yang open source, popular dan daya kecepatan yang dapat diandalkan.

Perumusan Masalah Berangkat dari permasalahan yang ada maka dapat ditarik kesimpulan bahwa masalah yang dihadapi adalah : 1. Bagaimana membangun sebuah aplikasi web yang dapat mengakomodasi perkembangan informasi yang sangat cepat dan dapat memberikan kemudahan kepada pihak yang menggunakannya?

Batasan masalah Melihat permasalahan yang terjadi dalam rumusan masalah diatas maka penulis memberikan batasan permasalahan pada pembuatan pembuatan web menggunakan framework antara lain : 1. Bahasa pemrograman yang digunakan menggunakan HTML, PHP Code Igniter. 2. Fasilitas registrasi member. 3. Fasilitas Admin meliputi managemen artikel, managemen user, managemen halaman website, jajak pendapat (polling), buku tamu bagi pengunjung situs dan lain sebagainya. 4. Fasilitas kontak kami untuk berinteraksi dengan pihak yang mengelola situs ( webmaster ) dan lain sebagainya. 5. Database yang digunakan adalah MySQL. 6. Software yang digunakan untuk membangun sistem antara lain Macromedia Dreamweaver 8, Appserv Versi 2.5.7, Adobe Photoshop, Mozile Firefox, SQLYOG.

Maksud dan Tujuan Pembuatan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi syarat mendapatkan gelar sarjana jenjang studi S1 pada jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Sedangkan tujuan pembuatan skripsi ini adalah : a) Bagi pengguna

1. Memberikan kemudahan bagi seseorang yang sama sekali tidak


mengetahui bahasa pemrograman tentang management content tetapi ingin memiliki sebuah halaman website sendiri.

2. Memberikan solusi bagi kebutuhan manusia akan penyediaan informasi


yang sangat cepat dan terstruktur. b) Bagi penulis 1. 2. Menerapkan ilmu yang telah didapat selama mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika da Komputer AMIKOM Yogyakarta. Memenuhi persyaratan kelulusan untuk menyelesaikan pendidikan pada jenjang Strata 1 ( S1 ) pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. c) Bagi pembaca 1. 2. Sebagai acuan atau bahan perbandingan dalam pembuatan skripsi dalam masalah yang sama. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.

Metode Pengumpulan Data Sebagai sumber acuan untuk menyusun skripsi ini maka digunakan studi pencari fakta, pengumpulan data dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan pembuatan web menggu nakan framework Code Igniter ini, penulis menggunakan beberapa metode pendekatan. Adapun metode pendekatan yang akan digunakan antara lain : 1. Metode Kepustakaan ( library ). Metode atau teknik pengumpulan data bersumber pada literatur dan bukubuku penunjang untuk konsep teori yang berhubungan dengan objek permasalahan. 2. Metode Studi Literatur Pengambilan data menggunakan literature yang bisa dipakai seperti dengan memanfaatkan fasilitas internet yaitu dengan mengunjungi situs-situs web yang berhubungan dengan Framework, terutama framework Code Igniter.

Sistematika Penulisan Gambaran singkat isi skripsi ini akan dibahas dalam sistematika penulisan yang terdiri dari : BAB I PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan tentang mengapa penulis mengambil judul skripsi Implementasi Framework Code Igniter untuk aplikasi situs portal berita , dimulai dari latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan. BAB II LANDASAN TEORI Bab ini ini penulis menjelaskan secara garis besar tentang sistem secara umum dan pengertian Framework Code Igniter berikut kelebihan-kelebihan dari situs yang dibangun dengan framework Code Igniter . BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Bab ini menjelaskan tentang penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan hingga dapat diusulkan perbaikannya. Serta menjelaskan tentang persiapan rancangan bangunan implementasi sehingga dapat menggambarkan bagaimana suatu sistem dapat dibentuk. BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN Bab ini menjelaskan tentang tahap memetakan sistem supaya siap untuk dioperasikan yaitu penerapan rencana implementasi, melakukan kegiatan implementasi dan tindak lanjut implementasi BAB V PENUTUP Bab ini terdiri dari kesimpulan penulis atas pembahasan yang telah diuraikan.

DASAR TEORI Konsep Dasar Framework PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang memungkinkan seorang developer ( programmer atau system analyst ) membuat sebuah aplikasi berbasis web yang powerful sekaligus mampu mengampu database berskala besar. Dalam perkembangannya, seorang programmer PHP seringkali dituntut untuk menyelesaikan berbagai macam aplikasi dengan tingkat kerumitan yang cukup tinggi dalam waktu singkat. Di sisi lain, programmer juga dituntut untuk menciptakan sebuah dasar aplikasi yang bisa dikembangkan menjadi aplikasi lain dengan skala yang lebih besar dengan melibatkan banyak anggota tim. Aplikasi web berskala besar seringkali diasosiasikan dengan indikasi-indikasi sebagai berikut : 1. Diakses oleh banyak orang ( public access ) 2. Melibatkan database dengan skala record diatas 1000 3. Mempunyai banyak modul, seperti modul berita, modul administrasi, modul keuangan, modul pencarian tingkat lanjut, modul polling dan sebagainya 4. Dikerjakan oleh sebuah tim pengembang dengan spesialisasi tugas Berbicara tentang aplikasi web berskala besar tentu tidak bisa dilepaskan dari pembagian peran anggota tim. Aplikasi web, terutama web berskala besar, tidak hanya membutuhkan seorang programmer saja, akan tetapi melibatkan pula seorang web designer, system analist, database maintainer, manajer keuangan, manajer riset dan promosi dan manajer proyek yang akan mengatur jalannya pembuatan, pengembangan dan pemeliharaan aplikasi tersebut. Tingkat kerumitan dan kesamaan cara pandang inilah yang melahirkan konsep kerangka kerja ( framework ) dalam pengembangan aplikasi berbasis web. Framework memudahkan anggota tim untuk bekerja bersama dengan satu cara pandang, sekaligus memudahkan pembagian kerja. Pada umumnya, framework terdiri dari file-file pustaka berupa kelas-kelas PHP yang bisa digunakan dan dikolaborasikan dalam aplikasi yang sedang dikembangkan. Saat ini telah tersedia puluhan, bahkan ratusan framework dan Content Management System ( CMS ). Sebut saja Mojavi, Prado, Agavi, Seagull, Code Igniter, Fusebox, PHP Nuke, Post Nuke, Mambo, Joomla, Wordpress, Blogspot, Aura, Endonesia, dan masih banyak lagi. Ada beberapa developer yang menyediakan file inti ( core ) framework saja, beserta manualnya, tanpa memberikan contoh-contoh aplikasi secara detail, misalnya Fusebox dan Mojavi ( saat ini riset Mojavi terhenti, tapi dikembangkan menjadi framework baru, yakni Agavi ). Ada juga framework yang benarbenar dibuat untuk membangun aplikasi enterprise, memberikan contoh yang detail,

manual yang lengkap, namun memiliki ukuran besar dan memerlukan instalasi PHP 5 supaya bisa berjalan dengan baik, misalnya Prado. Terkadang orang mengartikan framework adalah dasar dari CMS. Di sisi lain, CMS tak lain juga sebuah framework dengan bermacam modul yang datang bersamanya. Dalam skripsi ini dibahas sebuah framework berbasis bahasa pemrograman PHP yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dalam waktu singkat. Framework tersebut dikenal dengan nama Code Igniter . Kendala dalam perawatan suatu situs adalah membuat isi dari halaman-halaman web yang ada di situs tersebut selalu diperbaharui sehingga pengunjung dapat selalu tertarik untuk mengunjungi situs tersebut. Proses CRUD ( Create Read Upload Delete ) suatu halaman web yang powerfull dan mampu mengampu data base biasanya memerlukan seseorang yang ahli dalam bidang pemrograman web. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan framework, sehingga untuk perubahan pada suatu halaman web tidak lagi diperlukan seseorang yang ahli dalam bidang pemrograman web. Dalam skripsi ini penulis menggunakan sebuah framework berbasis bahasa pemrograman PHP yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dalam waktu singkat, yakni Code Igniter .

Pengertian Framework Code Igniter Framework adalah sekumpulan perintah atau fungsi dasar yang dapat membantu menyelesaikan proses-proses yang lebih kompleks. Sedangkan codeIgniter merupakan salah satu open source framework yang digunakan oleh script pemrograman web PHP ( PHP Hypertext Preprocessor ) dalam mengembangkan aplikasi web dinamis dengan dasar kerja CRUD ( Create, Read, Update, Delete ). Metode yang digunakan oleh framework CodeIgniter disebut Model View - Controller atau yang disingkat dengan sebutan MVC. MVC memisahkan antara logika pemrograman dengan presentasi. Hal ini dapat terlihat dari adanya minimalisir script presentasi ( HTML, CSS, JavaScript, dan sebagainya ) yang dipisahkan dari PHP script. Didalam folder CodeIgniter, MVC dapat kita temukan dalam folder application. Code Igniter juga menjadi salah satu framework pilihan yang memungkinkan developer untuk membuat sebuah aplikasi web dengan karakter pengembangan RAD ( Rapid Application Development ), yang memungkinkan untuk digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi lain yang lebih kompleks. Code Igniter terdiri dari file-file pustaka ( library ), kelas-kelas, dan infrastruktur run-time yang terinspirasi oleh framework Ruby on Rails. Code Igniter juga banyak digunakan oleh para programmer yang memilih untuk bekerja dengan struktur yang rapi dan padat tanpa kehilangan fleksibilitas pengembangan framework.

Analisis Analisis dan Pemodelan Data Sistem Website portal berita dalam penelitian ini bertugas untuk mengelola data atau informasi dan menfasilitasikannya ke dalam sistem berbasis web / internet. Adapun data-data tersebut di antaranya adalah sebagai berikut: 1. 2. 3. 4. Data Berita Data Kategori berita Data Bukutamu Data Arsip

Analisis Komponen Sistem Informasi Sebuah Sistem Informasi memiliki komponen-komponen yang terkandung di dalamnya, dan kaitan antara masing-masing komponen tersebut pada alur Sistem Informasi pada sebuah portal berita. Sistem ini akan mendukung kinerja portal yang bersangkutan baik dalam pelayanan terhadap user umum, maupun administrator sistem. Sistem Informasi ini harus selalu meng-update komponen-komponen ini sehingga dalam kinerjanya akan menuju ke titik yang lebih baik. Dalam sub bab ini akan dilakukan perancangan terhadap beberapa komponen yang akan dimasukkan portal berita ini. Komponen-komponen tersebut di antaranya adalah: 1. Informasi untuk user umum 2. Informasi untuk Administrator Sistem. ke dalam Situs

Informasi Untuk User Umum Untuk seluruh user umum, Situs portal berita akan menyediakan berbagai layanan-layanan informasi. Layanan-layanan informasi tersebut di antaranya adalah sebagai berikut: 1. 2. 3. 4. 5. Berita Terkini Kategori Berita Komentar Bukutamu Arsip

Informasi Untuk Administrator Sistem Untuk administrator sistem, fasilitas atau fitur yang disediakan oleh sistem kurang lebih mengacu kepada pengelolaan data serta isi yang ditampilkan dalam Situs portal

10

berita ini. Pengelolaan-pengelolaan yang dapat dilakukan oleh administrator sistem antara lain seperti Add Berita, Edit / Update Berita.

PEMBAHASAN Kegiatan Implementasi Kegiatan implementasi merupakan tahap meletakkan sistem yang baru dikembangkan agar sistem tersebut siap untuk digunakan sesuai dengan yang direncanakan dan diharapkan Kegiatan implementasi ini bertujuan untuk mengontrol sistem yang diterapkan sudah sesuai dengan rancangan yang telah ditentukan atau belum. Pemrograman merupakan tahap implementasi dimana dilakukan pengkodean berdasarkan hasil rancangan perangkat lunak yang telah dibuat sehingga berbentuk sistem yang sedemikian rupa seperti yang telah direncanakan. Pengkodean ini dilakukan dengan menggunakan phpframework codeigniter, html, penyusunan database menggunakan mysql dan berjalan di Sistem Operasi Windows XP

Pengunggahan file Proses pengunggahan file dapat dilakukan dengan mendaftar pada domain yang berbayar atau yang gratis. Domain dan hosting yang sudah terdaftar kemudian dapat memulai proses pengunggahan file dengan software filezilla atau sejenisnya.

11

Gambar Tampilan FileZilla Penggunaan aplikasi ini dimulai dengan menginputkan nama host, username dan password yang kita dapatkan ketika mendaftar pada situs yang menyediakan domain dan hosting, kemudian klik quickconnect. Setelah terhubung dengan server , proses pengunggahan file bisa dimulai dengan memilih data pada kolom localsite, kemudian file tersebut masuk ke dalam folder public_html pada kolom remote site. Secara otomatis muncul di sisi atas local site. Ketika semua file sudah terunggah secara sempurna, otomatis hubungan ke server akan terputus Ketika semua file sudah terunggah secara sempurna, otomatis hubungan ke server akan terputus. Untuk mengunggah database melalui control panel yang terdapat dalam situs penyedia domain dan hosting.

12

Gambar Proses pengunggahan file Pengetesan Program Pengetesan program dilakukan untuk menemukan kesalahan-kesalahan didalam program. Program dites pada tiap-tiap form dan dilanjutkan dengan pengetesan untuk semua form yang telah dirangkai. Kesalahan dari program yang mungkin terjadi dapat diklasifikasi dalam tiga bentuk kesalahan : 1. Kesalahan bahasa ( language error ) / Kesalahan penulisan ( syntax error ) / kesalahan tata bahasa ( gramatical error ) Kesalahan ini terdapat didalam penulisan skrip pemrograman yang tidak sesuai dengan yang telah disyaratkan. Kesalahan ini relatif mudah ditemukan dan diperbaiki karena compiler akan memberitahu letak dan sebab kesalahan sewaktu program dikompile. 2. Kesalahan sewaktu proses ( runtime error ) Kesalahan ini terjadi sewaktu executable program atau dengan kata lain terjadi ketika programnya dijalankan. Kesalahan ini menyebabkan proses program berhenti sebelum selesai pada saatnya karena compiler menemukan kondisikondisi yang belum terpenuhi yang tidak bisa dikerjakan. Kesalahan ini juga akan ditunjukkan letak serta sebab kesalahannya. 3. Kesalahan logika ( logical error )

13

Kesalahan ini merupakan kesalahan dari logika program yang dibuat. Keadaan ini sulit ditemukan karena tidak ada pemberitahuan mengenai kesalahannya dan tetap akan didapatkan hasil dari proses program, tetapi hasilnya salah. Cara mencari kesalahan logika dapat dilakukan dengan tes data, yaitu dengan menjalankan program menggunakan data tertentu dan membandingkan hasil pengolahannya dengan hasil yang sudah diketahui. Hasilnya apabila berbeda berarti mengalami kesalahan dan harus dilacak serta ditemukan sebab-sebab kesalahannya. Langkah-langkah pengetesan program : 1. Pengetesan form Pengetesan form merupakan pengetesan per form, dapat berupa pengetesan program utama atau sub program. Setiap form yang dijalankan akan dicek apakah ada kesalahannya atau tidak, baik itu kesalahan bahasa, kesalahan proses ataupun kesalahan logika 2. Pengetesan program Pengetesan program merupakan pengetesan form-form yang sudah terintegrasi dan bertujuan untuk memastikan bahwa semua form dapat bekerja sebagaimana mestinya a. dalam pengetesan ini yang dijalankan adalah form utama yaitu form login admin, apakah form ini sudah terintegrasi dengan form yang lain atau belum. b. setelah dijalankan muncul tampilan baru yang didalamnya terdapat beberapa tombol untuk melihat halaman home, menambah berita, melihat arsip berita dan tombol logout. a. Setiap tombol dicoba dijalankan apakah sudah sesuai, dan hasilnya memang sudah sesuai seperti rancangan sebelumnya

Uji Coba Sistem Uji coba sistem dilakukan setelah pengetesan program. Hal ini untuk memeriksa kekompakan antar komponen sistem yang diimplementasi. Tujuannya untuk memastikan bahwa elemen-elemen komponen dari sistem telah berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu uji coba sistem bertujuan untuk memastikan bagaimana mekanisme perlindungan yang dibuat oleh sistem, terhadap hal-hal yang mungkin terjadi, misalnya penggunaan dari orang-orang yang tidak berkepentingan.

14

Pengetesan perlu dilakukan untuk mencari kesalahan-kesalahan atau kelemahan yang mungkin masih terjadi. Pengetesan sistem termasuk pengetesan program secara keseluruhan artinya walaupun masing-masing program berjalan dengan benar dan baik bukan berarti program tersebut juga akan dapat berjalan dengan program lain dalam sistem dengan baik. Kumpulan dari semua program yang telah diintegrasi perlu dites kembali untuk melihat apakah suatu program dapat menerima input data dengan baik, dapat memprosesnya dengan baik dan dapat memberi output kepada program yang lain.

15

KESIMPULAN Dari hasil penjelasan dan uraian pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil beberapa kesimpulan, kelebihan dan kekurangan dalam pembuatan skripsi dengan judul Implementasi framework Code Igniter untuk aplikasi situs portal berita. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam pembuatan skripsi ini adalah : 1. Aplikasi website dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman phpframework codeigniter, database yang digunakan adalah MySQL, sehingga proses updating informasi menjadi lebih terorganisir dengan baik. 2. Aplikasi website dibuat dengan mengedepankan kelebihan codeigniter diantaranya MVC, template dan validation sehingga membuat website menjadi lebih interaktif. 3. Dengan mengimplementasikan Framework codeigniter, seorang yang bukan webmaster sekalipun dapat melakukan pengelolaan web menjadi dinamis sehingga penyajian informasi dapat dilakukan dengan cepat. 4. Dengan menggunakan Framework codeigniter, proses update informasi tidak hanya dimonopoli oleh seorang administrator saja. Dengan demikian akan didapatkan penghematan waktu, tenaga dan biaya, selain itu proses administrasi situs dapat dilakukan secara mudah karena bentuk pengelolaannya terdistribusi. a. Kelebihan Kelebihan yang didapat melalui pembuatan skripsi ini antara lain : 1. codeigniter merupakan software yang Open Source, ini adalah salah satu syarat untuk berkembangnya sebuah framework yang baik 2. Dengan adanya teknologi Framework khususnya codeigniter, akan menjadikan website menjadi lebih interaktif, karena codeigniter mempunyai fitur MVC (Model, View, Controller) sehingga user yang mengakses halaman website menjadi tertarik untuk selalu mengunjungi halaman website tersebut. b. Kekurangan Kekurangan yang ada pada pembuatan skripsi ini antara lain : 1. Tampilan halaman website yang masih sangat sederhana. 2. Masih perlu adanya pengembangan karena sistem yang baru diterapkan masih memiliki kekurangan. 3. Belum banyak referensi dalam membuat web menggunakan codeigniter sehingga penulis agak mengalami kesulitan dalam penerapannya. 4. Tingkat keamanan yang masih kurang.

16

SARAN Dalam pembuatan skripsi ini tentunya masih banyak kekurangan, oleh sebab itu saran dari penulis adalah : 1. Peningkatan tingkat keamanam website menjadi prioritas utama agar keamanan data yang ada didalam database menjadi lebih terjamin. 2. Melakukan pengembangan skrip codeigniter agar website menjadi lebih interaktif dan user friendly. 3. Pemeliharaan website sebaiknya dilakukan secara teratur apalagi setelah web berjalan di dalam jaringan luar (internet) 4. Lakukan perbaikan data atau backup data untuk menanggulangi segala bentuk kesalahan 5. Dengan mengunggah web pada hosting berbayar maka dapat membuat website menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

17

DAFTAR PUSTAKA Utomo, Eko Priyo. 2008. 125 Tips Menguasai Bahasa PHP. Bandung : YRAMA WIDYA. Hakim, Lukmanul. 2008. Membongkar Trik Rahasia para Master PHP. Yogyakarta : Lokomedia Kadir, Abdul. 2008. Belajar Database Menggunakan MYSQL. Yogyakarta : Andi. Sutarman. 2007. Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MYSQL. Yogyakarta : Graha Ilmu. http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=6%3Ainternet&i d=501%3Acodeigniter&option=com_content&Itemid=15, diakses tanggal 14 Desember 2009 http://linuxindo.web.id/2009/03/30/mengenal-codeigniter-php-framework/, diakses tanggal 20 Desember 2009 http://amid.blogdetik.com/2009/08/28/codeigniter-2-download-instalasi-dan-eksplorasi/, diakses tanggal 20 Desember 2009 http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/09/apa-itu-codeigniter/comment-page-1/, diakses tanggal 23 Desember 2009 http://putraweb.net/artikel/detail/2/simple-tutorial-codeigniter-episode-1, diakses tanggal 23 Desember 2009 http://www.balitechy.com/blog/12-codeigniter/22-pengenalan-codeigniter-phpframework.html, diakses tanggal 23 Desember 2009 http://gie-art.com/codeigniter-2-mvc-di-codeigniter/, diakses tanggal 23 Desember 2009

18