TUGAS GEOGRAFI Nama : Agustin Nadia Riyani Kelas : XI IPS 2 No : 02 1.

Lapisan lingkungan di permukaan bumi, wilayah perairan, dan atmosfer yang mendukung kehidupan organisme disebut… a. biosfer b. bioma c. atmosfer d. stratosfer e. troposfer 2. Pengelompokkan ekologis terbesar pada setiap wilayah di permukaan bumi yang didasarkan pada ciri-ciri formasi tumbuhan disebut… a. biosfer b. bioma c. atmosfer d. stratosfer e. troposfer 3. Kondisi fisik wilayahnya sebagian besar beriklim tropis dan banyak terdapat hutan hujan tropis sehingga kaya akan flora dan fauna termasuk wilayah… a. neartik b. neotropik c. australis d. oriental e. paleartik 4. Perhatikan ciri-ciri ikim berikut: 1) Curah hujan rendah, yaitu 250 mm/tahun atau kurang 2) Sinar matahari sangat terik 3) Tingkat penguapan tinggi di siang hari 4) Perbedaan suhu siang dan malam sangat besar 5) Tumbuhan yang hidup berdaun kecil seperti duri Ciri-ciri diatas termasuk ke dalam iklim… a. hutan tropis b. hutan gugur c. taiga d. padang rumput

e. gurun 5. Contoh hewan khas yang hidup di daerah taiga adalah… a. rusa b. beruang c. unta d. kadal e. ular 6. Tuliskan 4 faktor yang mempegaruhi persebaran hewan dan tumbuhan. 7. Sebutkan ciri-ciri stepa. 8. Sebutkan beberapa hewan yang hidup di wilayah oriental.

Jawaban 1. a. biosfer 2. b. bioma 3. d. oriental 4. e. gurun 5. a. rusa 6. Perbedaan iklim, keadaan tanah, factor fisiografi, dan tindakan manusia. 7. Curah hujan tinggi, terdiri atas rumput-rumput pendek dan diselingi oleh semak belukar. 8. Harimau, orang utan, badak bercula satu, macan tutul, beruang madu, babi hutan, dan gajah.

Nama : Alif Pradana Absen : 04 SOAL GEOGRAFI BAB Biosfer

A. Pilihan Ganda 1. Berikut ini pengertian dari biosfer yang tepat adalah…..

a. b. c. d. e.

Tempat tinggal Lapisan makhluk hidup Lapisan tempat tinggal makhluk hidup Lapisan hidup Lapisan batuan

2. Ilmu yang mempelajari tentang persebaran flora dan fauna adalah ilmu….. a. Biologi d. Geografi b. Biogeografi e. Biosfer c. Biokimia 3. 3 faktor utama yang mempengaruhi persebaran flora & fauna adalah….. a. Penyebab, sarana, dan hambatan b. Penyebab, transportasi, dan hambatan c. Penyebab, sarana, dan suhu d. Sarana, hambatan, dan suhu e. Sarana, hambatan, curah hujan 4. Ciri – cirri hutan hujan tropis antara lain bersuhu rata – rata….. a. 50°C d. 20°C b. 40°C e. 10°C c. 30°C 5. Berikut ini pernyataan yang tepat tentang jenis tumbuhan di hutan gugur…. a. Sangat banyak d. Sedikit b. Relatif banyak e. Relatif sedikit c. Banyak

B. Essay

1. Habitat adalah….. 2. Bagaimana perbedaan suhu siang dan malam di gurun? Jelaskan! 3. Sebutkan hewan khas wilayah Australian!

Kunci Jawaban

:

A. Pilihan Ganda 1. c 2. b 3. a 4. d 5. e

B. Essay 1. Tempat suatu makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. 2. Perbedaan suhunya sangat tinggi. Pada siang hari suhu bias mencapai 45°C. Dan pada malam hari suhu bias mencapai 0°C 3. Kanguru, Kiwi, Koala, Burung Cendrawasih, Burung Kasuari, Burung Kakaktua, Platipus

Nama : Amelia Yurianti Absen : 6 1. Biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti … a. Hidup dan lapisan b. Makhluk hidup dan ilmu c. Manusia dan lapisan d. Hidup dan ilmu e. Ekosistem dan lapisan

kina.000 mm/tahun dan mendapat penyinaran sepanjang tahun berciriciri bioma … a. Curah hujan diatas 2. Sabana b. Faktor utama yang mempengaruhi persebaran hutan hujan tropis di daerah equator ialah … a. Individu d. Persebaran flora di muka bumi tersebar secara merata. Flora seperti kopi. Edafik dan topografi 4. Bioma 3. Biologis c. biosfer adalah lapisan tempat hidup (habitat) makhluk hidup. Edafik dan biologis c. Hutan basah ESSAY 1. Pengertian Biosfer secara etimologi ? Secara etimologi biosfer merupakan gabungan dari dua kata. Flora ini dipengaruhi oleh faktor utama yaitu. Ekosistem b. Edafik e. Manusia b. Populasi e. Klimatik 5. a. Klimatik dan edafik b. Tingkat kehidupan yang kompleks dalam persebaran flora dan fauna pada kumpulan komunitas adalah … a.. Tundra c. Gugur d. Jadi. yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan.. Vegetasi d. Taiga e. Topografi dan biologis d.2. teh. 2. Kelompok c. Biologis dan vegetasi e. Sebutkan faktor utama persebaran flora dan fauna !  tekanan populasi secara cepat sehingga secara naluri hewan akan berpindah mencari sumber makanan .

air. Tinggi rendahnya permukaan bumi d. tanah. dan pengangkutan oleh manusia 3. Apa perbedaan dari stepa dan sabana ? stepa adalah padang rumput yang luas sedangkan sabana adalah padang rumput yang luas dan diselingi pohon pohon tinggi Nama : Anisa Angguningtyas Pramesty Absen : 8 1. Kecuali… a. Tindakan manusia . Dibawah ini adalah faktor dari persebaran flora dan fauna di bumi. Keadaan tanah c. Perbedaan iklim b.  perubahan habitat faktor sarana / media. yang meliputi : udara. Banyak tidaknya air e.

Berubulu indah. Mamalia. Hutan heterogen Essay! 1. Stepa berupa rumput pendek sedangkan sabana berupa rumput tinggi yang diselingi pohon tinggi d. mamalia. Stepa terdapat sumber air dan sabana tidak e. papua dan Maluku). Berdasarkan ketinggian tempat. beruang salju. penguin d. Bertubuh besar. Ciri-ciri dari hewan di Indonesia bagian barat adalah… a. Jelaskan persebaran wilayah fauna di dunia menurut Alfred Russel Wallace! Jawab: menurut Alfred Russel Wallace. Oriental (Asia). mamalia d. berbulu indah 5. Australis (meliputi Australia. onta e. Neotropik (meliputi Meksiko selatan. Sabana terdapat sumber air dan stepa tidak 4. Perbedaan dari stepa dan sabana terdapat di? a. Hutan pantai b. Tapir. Gajah. Etiopian (Afrika.2. persebaran fauna di dunia dapat dikelompokkan menjadi enam wilayah fauna yaitu Neartik (meliputi amerika utara dan Greenland). Beruang salju. banyak terdapat ikan warna-warni. Amerika Selatan). gajah c. ada yang memiliki kantung c. Berkulit sisik. macan. Banyak terdapat kera. Apakah pengertian dari biosfer? Jawab: Biosfer adalah lapisan tempat makhluk hidup atau organism 2. Iguana. Hutan rawa c. Amerika Tengah. hewan peralihan e. penguin. madagaskar. Stepa berupa rumput tinggi sedangkan sabana berupa rumput pendek b. banyak terdapat kera b. dan Paleartik . babon b. llama. Persebaran hewan di hutan hujan tropis yang benar adalah… a. Hutan pegunungan e. penggolongan hutan yang salah adalah… a. Macan tutul. selandia baru. bertubuh kecil. kangguru 3. Hutan dataran rendah d. kecil. arab selatan). Stepa terdapat pohon tinggi sedangkan sabana tidak c. kera.

banyak terdapat tumbuhan epifit. Hewan e. Jenis tanah d. Nama : Annisa Eka Pusitasari Absen : 9 Pilihan ganda 1. Hidup dan lapisan c. Manusia dan lapisan e. Afrika. banyak terdapat tumbuhan merambat.. sebagian daerah Himalaya. Afganistan. a. Biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti . a..(hampir seluruh daratan Eurasia. Relief 2.. Manakah yang tidak termasuk faktor dalam persebaran makhluk hidup di permukaan bumi .. Perilaku manusia b... Ekosistem dan lapisan . rata-rata ketinggian pohon adalah 60 m. Iklim c. Jelaskan ciri-ciri tumbuhan di daerah Indonesia bagian barat! Jawab: pohon berdaun lebat. Inggris dan jepang) 3.

.... Manusia 2. Geografi c.. a. Biogeografi d. Makhluk hidup dan ilmu 3.b. Hewan 3.. Faktor geografis d. Jelaskan yang dimaksud dengan hutan heterogen . a.. pengurai 3. Vegetasi khas yang hidup dan berkembang di daerah tundra adalah . Hidup da ilmu Salah satu penyebab terjadinya penyebaran hewan di permukaan bumi ialah . Jawab : yaitu hutan yang terdiri atas berbagai jenis tumbuhan. Tekanan populasi Curah hujan diatas 2000 mm/tahun dan mendapatkan penyinaran sepanjang tahun. Kondisi topografi b. Ilmu yang mempelajari persebaran flora & fauna disebut . (c) a. Suhu dingin dengan curah hujan >2000 mm/tahun dan tumbuhannya rapat d. Hutan basah b. Geologi . Curah hujan 2000 mm/tahun dan cukup penyinaran matahari b... Jawab : Vegetasi yang khas di daerah tundra adalah yang berjenis lumut 2. Biologi e. misalnya hujan hutan tropis Sebutkan faktor abiotik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna . Taiga Ciri bioma gugur (decidous) antara lain . d. Curah hujan 750 – 1000 mm/tahun dan merata serta floranya tidak terlalu rapat 4. Tundra d.... Terdapat burung cendrawasih c. 5.. Tumbuhan 4... Biografi b.. Temperatur udara panas sepanjang tahun dan hujan secara musiman e.. Essay 1. Faktor iklim c.. Nama : Asyifa Nora Sabilla Absen : 12 1. Kondisi tanah e.. Sabana c. Jawab : 1. a. Gugur e... merupakan ciri-ciri bioma .

Tundra c.2. Kannada Tengah 5. Butterfly grasses e.. (c) a. Tumbuhan hutan taiga d. kecuali . Jepang d. Sabana d.. Russia e.. Jelaskan pengertian belukar tropics Dan sabana semiraid ! (Belukar tropis:tumbuhan berjenis semak pada musim human tumbuh dengan cepat. (a) a. Gurun e. Ruiledem c. Tumbuhan hutan tropics c. Sabana semiraid:daerah yang jarang hujan sehingga di tumbuhi oleh semak yang tahan kekeringan) 2. (b) a. Dibawah ini yang merupakan rumput pendek di padang rumput kering adalah .. Stepa b. (b) a.. Tumbuhan sabana b. Goat grasess d. Siberia c. Kebanyakan tumbuhan taiga terdapat dibawah ini.. Belanda b. Semiarid 3. Tumbuhan hutan steps Essay ! 1.. Buffalo grasses 4. Padang rumput yang berada di daerah bersuhu rendah & curah hujan rendah disebut . Indian grasess b.. Jelaskan perbedaan hutan gugur dengan hutan hujan tropics ! (Berbeda dalam hal kerapatan pohon nya) . Tumbuhan hutan gugur e. Jenis tumbuhan yang ada pada hutan dengan curah human 1000-2000 mm/tahun adalah .

Jenis-jenis fauna: 1. bison 2.. a. alder'alnus'. 1 dan 5 . 1 dan 2 e. babon Jenis fauna Etiopian ditunjukan oleh nomor. nirch'betula' Dan juniper'juniperus') Nama : Bagas Martyo Ashari Absen : 13 1.3. Jerapah 5. 2 dan 3 d. Kanguru 4. Sebutkan contoh tumbuhan yang ada di hutan taiga ! (Pohon spruce'picea'. 4 dan 5 b. harimau 3.

2. Tanah luas yang ditumbuhi rumput dan dikelilingi oleh semak belukar disebut… a. hutan gugur e. hewan. dan cuaca d. angin. biocore 5. Apa yang dimaksud dengan persebaran makhluk hidup? Yaitu keberadaan makhluk hidup pada daerah tertentu. stepa c. Gurun e. biosfer d. Hutan dengan ciri pohon berdaun rindang sehingga matahari tidak dapat menembus celah-celah daun sampai ke tanah disebut… a. 3 dan 4 2. iklim. Tundra Essay 1.. dan atmosfer yang mendukung kehidupan organism 3. faktor-faktor biotik yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi adalah… a. sabana b.. tanah. relief. tanah. air.c. Adalah lapisan lingkungan di permukaan bumi. dan manusia c. a. air. Sabana c. stratosfer c. hutan musim d. Tundra b. bioma e. tumbuhan. relief. Apa yang dimaksud dengan biosfer? Makhluk hidup serta lapisan pada permukaan bumi yang cocok bagi kehidupan. Hutan hujan tropis d. atmosfer b. hutan hujan tropis 3. biocycle. dan suhu 4. dan hewan b. Lapisan permukaan bumi yang mendukung kehidupan organisme adalah. Apa yang dimaksud dengan penyebaran makhkluk hidup? . dan pegunungan e.

biocore c.Lapisan permukaan bumi yang mendukung kehidupan organisme adalah.biosfer d.habitat jawaban: c.biosfer . a.Yaitu bagaimana cara makhkluk hidup sampai di suatu daerah tertentu.biocycle b. Nama : Bari Eka Nugraha Absen : 14 Pilihan Ganda (PG) 1.ekosistem e...

biocycle.tundra jawaban: c.tundra jawaban: a.bison 5.faktor-faktor biotik yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi adalah… a.kanguru 2.3 dan 4 jawaban: b.tanah.air. dan hewan b.hewan. a. dan manusia jawaban: e. tumbuhan..2..4 dan 5 b.2 dan 3 Essay .jerapah 3. dan vegetasi d. relief. iklim.stepa 3.stepa d.Tanah luas yang ditumbuhi rumput dan dikelilingi oleh semak belukar disebut… a.1 dan 5 c.gurun b.hewan.harimau Jenis fauna Etiopian ditunjukan oleh nomor.hutan hujan tropis 4.hutan hujan ekuatorial c. a. dan manusia 5.babon 4.hutan musim d.relief.1 dan 2 d.Hutan dengan ciri pohon berdaun rindang sehingga matahari tidak dapat menembus celah-celah daun sampai ke tanah disebut.hutan e. Jenis-jenis fauna: 1.hutan hujan tropis b. angin dan suhu e. tumbuhan.2 dan 3 e. dan relief c.hutan gugur e. tanah.sabana c.

.. Habitat c...penyabab utama Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi adalah… Jawab: karena Indonesia memiliki iklim tropis dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi Nama : CANTIK PUSPITASARI Absen : 15 A.. Individu 5.. Biosfer merupakan sistem kehidupan paling besar karena merupakan gabungan dari kumpulan.Mengapa mahluk hidup perlu memiliki kemampuan beradaptasi? Jawab: Karena dengan beradaptasi mahluk hidup dapat memperoleh makanan atau tahu bagaimana cara menghadapi situasi situasi yang mengancam keberadaanya 3. Ilmu yang mempelajari tentang persebaran flora dan fauna adalah… a. Ekosistem b. Angin yang berhembus dengan membawa benih-benih dari suatu tumbuhan dan menjatuhkannya di daerah lain merupakan contoh faktor persebaran flora dan fauna. Geomorfologi 3.. Pedologi b. a. Air c. Kemampuan makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya disebut. Pengangkutan oleh manusia 4. Tanah b.. a.. Litosfer c.. Udara d. Adaptasi B. ESSAY . Evolusi d.1. Hidrosfer b. Biogeografi d... a. Atmosfer 2. Mengapa demikian? Jawab: karena tumbuhan tidak bisa bergerak atau berpindah untuk mencari makanan. sehingga mereka sangat bergantung pada ketersediaan makanan pada alam sekitar 2. a. Geosfer d. yaitu faktor sarana. Ekologi c. PILIHAN GANDA 1. Komunitas c..... Energi b. Populasi d. Secara umum biosfer meliputi 3 lapisan.Jenis mahluk hidup yang sangat tergantung pada kondisi alam adalah tumbuh-tumbuhan. kecuali .

Sebutkan 6 zona pengelompokkan persebaran fauna di dunia menurut Alfred Russel Wallace ! 3. pohon kayu api (avicennia). pohonnya berdaun tebal dan kaku. pohonnya terdiri dari pohon bakau (rhizophora). 5. Ciri khusus yang terdapat pada hutan bakau adalah kekurangan oksigen baik dalam air maupun dalam tanah. 2. .1. terkena pasang naik dan surut air laut. zona ethiopian. zona neartik. 2. 3. zona oriental dan zona paleartik. Pada bioma Sabana merupakan padang rumput yang diselingi oleh kumpulan pepohonan besar. kalaupun ada hanya sedikit saja pepohonan yang ada. zona neotropik. kadar garamnya tinggi. Apakah ciri dari hutan mangrove (hutan bakau) ? JAWABAN PILIHAN GANDA : 1. B) geosfer B) biogeografi B) udara C) ekosistem D) adaptasi JAWABAN ESSAY : 1. bogem (bruguiera). 3. sedangkan pada bioma Stepa merupakan padang rumput yang tidak di selingi oleh kumpulan-kumpulan pepohonan. Apa perbedaan antara sabana dan stepa? 2. 4. Zona australis.

Biocyle Ekosistem Biochore Ekologi Biosfer 2. b. Salah satu penyebab terjadinya persebaran hewan di permukaan bumi ialah … a. e. c. d. Ekosistem b. Tingkat kehidupan yang kompleks dalam persebaran flora dan fauna pada kumpulan komunita adalah … a. Makhluk hidup yang berdiri sendiri dan menemukan makanannya sendiri . e. Kelompok c. Individu d. d. . Lapisan di permukaan bumi yang mendukung kehidupan organisme adalah … a. b.Nama : Cindy Tri Hartati Absen : 16 1. Bioma 4. Populasi e. c. Populasi Individu Ekosistem Komunitas Bioma 3. c. Faktor iklim Faktor geografis Kondisi tanah Tekanan Populasi . d. . b. a.

curah hujan tinggi 200-255 cm/th. . . Jawaban : terdapat pada daerah tropis dan subtropis. Kondisi topografi 5. . c. Merupakan komunitas klimaks.e. e. Terbentuk dari hasil interaksi antar lingkungan. Apa yang dimaksud biosfer . . Jawaban: Biosfer adalah bagian dari bumi dan atmosfernya dimana organisme dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya 2. matahari bersinar sepanjang tahun. tinggi pohon utama 20-40m. Merupakan komunitas yang cukupmantap dalam jangka waktu yang lama. Sebutkan ciri umum bioma . Geografis Biologis Vegetasi Edafik Klimatik Essay 1. dan pohon berdaun lebat membentuk kanopi . Faktor yang menjadi hambatan bagi persebaran fauan antara lain karena faktor … a. Jawaban: Mudah dilenali dengan melihat vegetasi utamanya. .dan Menempati wilayah yang luas 3. d. . b. Sebutkan ciri hutan hujan tropis .

a. Iklim.dan relief d. Sebutkan 4 faktor yang menyebabkan persebaran makhluk hidup di permukaan bumi tidak merata! .iklim. Vegetasi. Manusia. Burung cendrawasih dan burung kasuari e.dan hewan 3.dan tanah b. Zebra dan trenggiling b. Koala dan bison c. Pedologi d. Tundra Soal ESAAY 6. Badak bercula satu dan gajah d. Zebra dan trenggiling 5. Orang utan dan komodo d. Hewan yang merupakan jenis fauna Oriental adalah…. Hewan yang merupakan jenis fauna Australian adalah….dan air e.air. Fitografi e. Harimau dan beruang b. Biogeografi 2.Nama Absen Soal PG : CITRA ARYANTI : 17 1. a. adalah…. a. Tanah luas yang ditumbuhi rumput dan dikelilingi oleh semak belukar disebut…. Stepa d. Sabana c. Kondisi fisik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di muka bumi. Caribau dan tapir 4. Gurun b. a. Geomorfologi c. Muskox dan koala e. Jelaskan pengertian biosfer! 7.hewan.dan manusia c. Relief. Zoografi b. Hutan e. Tanah. a.vegetasi. Komodo dan kuskus c.manusia.. Ilmu di dalam studi geografi yang mempelajari tentang biosfer adalah ….

dan atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. 4. Biosfer adalah lapisan lingkungan di permukaan bumi. 5. – Perbedaan iklim berupa suhu. misalnya hutan hujan tropis .mineral organic. misalnya hutan jati dan hutan pinus Hutan Heterogen: Yaitu hutan yang terdiri atas berbagaijenis tumbuhan.wilayah perairan. Jelaskan perbedaan antara hutan homogen dan hutan heterogen! KUNCI JAWABAN Soal PG 1. Hutan Homogen : Yaitu hutan yang terdiri atas satu jenis tumbuhan utama. 7.tingkat kesuburan.kelembapan.Tinggi rendahnya permukaan bumi mempengaruhi pola penyinaran matahari -Tindakan manusia 8.tekstur. E A C D C Soal ESSAY 6.curah hujan.air tanah dan kandungan udara . 2. 3.dan angin -Keadaan tanah berupa humus tanah.8.

persebaran fauna di dunia dapat dikelompokkan menjadi enam wilayah yaitu… a. Kutub utara b. Paleartik b. Kutub selatan c. Etiopian. Oriental. Hutan homogen c. wilayah perairan. Oriental. Neartik. Neotropik. Ausian. Neotropik. Landser 2) Daerah tundra hanya bisa kita temui di daerah… a. Etiopian. Paleartik e. dan atmosfer yang mendukung kehidupan organisme disebut… a. Etiopian. dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih kompleks disebut dengan… a. Neotropik. Neartik. Hutan dataran rendah 5) Perubahan makhluk hidup secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Provokasi b. Etopia. Taiga c. Australis. Etiopian. Hutan pantai e. Paleartik c. Kutub positif e. Biosfer e. Paleartik 4) Berikut ini adalah nama hutan yang digolongkan berdasarkan ketinggian tempat. Inovasi . Hutan rawa b. Neartik. Kutub barat d. Hutan pegunungan d. Kronosfer d. kecuali… a. Australis. Neotropik. Netik. Asian. Oriental. Paleartik d. Stratosfer b. Australis. Kutub negative 3) Menurut Alfred Russel Wallace. Neartik.Nama : Desy Septiany Absen : 19 Pilihan Ganda 1) Lapisan lingkungan di permukaan bumi. Paparoti. Australis. Oriental.

birch dan juniper . 3) Jelaskan apa yang dimaksud dengan Taiga beserta contoh pohonnya! Jawaban: Taiga adalah hutan pinus yang daunnya berbentuk seperti jarum. Konsolidasi e. Contoh pohonnya yaitu spruce. Revolusi d. Padang rumput. alder. Stepa 2) Apa yang dimaksud dengan Bioma? Jawaban: Bioma adalah pengelompokan ekologis terbesar pada setiap wilayah di permukaan bumi yang didasarkan pada cirri-ciri formasi tumbuhan. Evolusi Essay 1) Sebutkan jenis-jenis padang rumput! Jawaban: Tundra.c.

A B C C C . Ilmu biogeofisika dan biografi c. savanna. savanna. Faktor. Tingkatan persebaran flora&fauna… a. tundra b. hutan gugur. savanna. Sarana dan prasarana b. hutan gugur. hutan hujan tropis Jawaban PG: 1. stepa. tanah c. Secara etimologis biosfer dibagi menjadi 2 kata dan artinya… a. stepa. tundra d. gurun pasir. stepa. stepa. Udara. Penyebab dan prasarana 3. 2. Hutan hujan tropis. gurun pasir. hutan taiga. sphere= hidup 5. Pengangkutan oleh manusia d. sarana dan hambatan c. sphere= safir b. Bio= lapisan. hutan taiga. Tundra. Bio= hidup. Bio= hidup. angin dan udara b. Hutan gugur.faktor sarana… a. hutan taiga. hutan taiga. tundra. gurun pasir. 5. Air. Ilmu biogeografi di bagi menjadi 2… a. Ilmu biogeografi sejarah dan biografi 2. Penyebab. sphere= lapisan d. sphere= lapisan c. hutan gugur. savanna. Uap. Hambatan dan musim d. Ilmu biologi dan ilmu biogeografi ekologi d. gurun pasir. debu. tanah dan embun 4. Bio= tumbuhan. Hutan hujan tropis. hutan hujan tropis c. 3. Persebaran flora fauna dipengaruhi oleh… a. 4. Ilmu biogeografi sejarah dan ilmu biogeografi ekologi b.Nama : Devita Dwi Febrianty Absen : 20 1.

Ilmu biogeografi adalah… 3. gerakan bumi pada masa lalu. 2. Perubahan habitat adalah… 2.Essay ! 1. Ilmu yang mempelajari persebaran flora dan fauna. 3. Persebaran flora dan fauna dengan sudut pandang perkembangan dan evolusi organism. Tempat tinggal yang tidak nyaman. . Biogeografi ekologi adalah… Jawaban Essay. iklim. serta hubungan ekologi masa lalu dengan ekologi yang sekarang. 1. namun akan membuat para flora fauna berpindah ke tempat lain hingga terjadi penyebaran. migrasi.

Manusia b.sel->individu->populasi->kamunitas->ekosistem->bioma->biosfer d. Stepa c. ABCF e. Savanna.Sabana.sel->komunitas->individu->populasi->ekosistem->bioma->biosfer c.Hewan g. 10-15hari d. 40-70hari c.Sabana 5. ABCD b. 20-30hari b.Iklim c. berapakah rata rata usia tsb a. yang termasuk dalam anggota biotik a.populasi->sel->individu->komunitas->bioma->biosfer->ekosistem 2. 20°C b. Urutkan tingkat organisme biosfer yang benar: a sel->individu->komunitas->populasi->ekosistem->bioma->biosfer b. 30-120hari . Stepa. Tundra memiliki usia tanaman yang pendek.Relief f.individu->sel->populasi->komunitas->ekosistem->biosfer->bioma e. Berapa suhu rata rata Hutan hujan tropis a.Nama : FADHLURRAHMAN Absen : 21 1. Sabana.Tundra e. 15°C c.Tumbuhan d. Beberapa faktor yang mempengaruhi Biosfer a.Sabana. ACFG 3. Stepa.Pengurai Manakah diantara pilihan yang tersedia. 45°C d. Yang termasuk padang rumput a. 25°C 4. Savanna. Taiga.Stepa d.Savanna. Tundra. BDEG d.0°C e. Prairie b. BAEF c.Tahan e.

.. Asia Tengah... 3.. KUNCI JAWABAN 1. Bioma c.. 2..Oak 3.. Makhluk hidup dan ilmu c.. 5-40hari ESSAY 1.. Hidup dan lapisan b. Oriental 2. Hidup dan ilmu e.. Tundra memiliki musim dingin yang. ...e. Persebaran floran dan fauna dikaji dalam biogeografi dengan dua pendekatan yaitu pendekatan sejarah dan biogeografi … a... Sosial e. E 3..... Ekonomi 2.. Daerah d.... A 4. Panjang dan Gelap Nama Absen : Faris Naufal Abdul Majid : 23 Pilihan ganda 1. Biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti … a. Ekologi b.... D ESSAY 1.... Ekosistem dan lapisan ..... Baswood... C 2.. Tumbuhan pada hutan gugur.dan... Manusia dan lapisan d. A 5.... Wilayah persebaran Fauna di kawasan Asia Selatan...

Fisiografi c. Kurang 250mm/thn b. Lapisan d. Sebutkan 6 jalur persebaran flora dan fauna! Nama : Fitri Herdyanti Mardhiyah Absen : 24 1... Curah hujan diatas 2. Sabana b. Tekanan Populasi e. Taiga e. Apa saja yang termasuk faktor biotik. Faktor persebaran makhluk hidup di permukaan bumi tidak merata di sebabkan oleh..000 mm/tahun dan mendapat penyinaran sepanjang tahun berciri-ciri bioma … a. Jerapah d. Tindakan manusia mengubah bentang Alam e. dan abiotik dalam persebaran flora dan fauna! 3. Salah satu penyebab terjadinya persebaran hewan di permukaan bumi ialah … a. Tundra c.3. Unta b. Burung Cendrawasih Essay 1. (c) a. Fauna wilayah Oriental yang khas ialah . Faktor iklim b. a. kecuali . Faktor geografis c. Orang Utan e. Gugur d. Kondisi tanah d. Kondisi topografi 4. Hutan basah 5. 1000 sampai 2000mm/thn . Keadaan tanah 2. Jelaskan pengertian Biosfer! 2.. Suhu b. Curah hujan di daerah tumbuhan hutan taiga berkisar . (d) a.. Maleo c.

.. Cagar Alam Rimbo Panti terdapat di daerah . Sumatra Selatan e.. (b) a. Biosfer adalah . Sabana c. Hutan yang dijadikan tempat rekreasi ialah . Gurun d.. (pengelompokan ekologis terbesar pada serial wilayah di permukaan bumi yang di dasarkan pada ciri formasi tumbuhan) 2.. Lindung b. Homogen c. (c) a.. (e) a. Sulawesi Utara Essay !! 1. Bioma adalah . (lapisan tempat makhluk hidup) 3. Sumatra Barat d. Stepa b. Budi Daya 5. Tanah luas yang ditumbuhi rumput dan dikelilingi oleh semak belukar disebut .c. 200 sampai 1000mm/thn 3. 400 sampai 750mm/thn e.. Humus e. Jawa Tengah c.. 750 sampai 1000mm/thn d. Mengapa makhluk hidup harus memiliki kemampuan adaptasi ? ( karena sebagian besar makhluk hidup harus berdaptasi dengan lingkungan sekitar untuk menjalankan kelangsungan hidup) . Hutan e. Jawa Barat b.. Heterogen d.. Taiga 4.

. Populasi c.. Faktor biotik yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi antara lain. a. Yang termasuk tingkatan kehidupan tertinggi di muka bumi adalah… a. Udara. Komunitas d. Biosfer 2. sinar matahari. Individu b. air. dan relief b. Ekosistem e. iklim. Tanah.Nama : HILAL AYATULLAH Absen : 26 Pilihan Ganda 1. dan tanah .

Komodo dan trenggiling e. Jelaskan yang di maksud sabana! JAWAB: Sabana adalah padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon yang tumbuhnya menyebar. Rambutan 4. Jelaskan pengertian biosfer! JAWAB: Biosfer adalah bagian dari bumi dan atmosfernya di mana organisme dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya. kanguru. Australia d. hewan. tumbuhan. Yang termasuk tumbuhan khas hutan hujan tropis adalah… a. iklim. Mangga b. Manusia. Cuaca. 3. Oriental b. dan suhu e. Jerapah dan panda Essay !! 1. Neotropik 5. Paleartik e. 2. dan pengurai d. Mawar d. Anggrek e. Koala. Gajah dan koala d. Buaya dan unta b. Singa dan orang utan c. dan flora 3. dan kasuari adalah contoh fauna khas wilayah… a. tanah. Suara. suhu. fauna. Neartik c. Fauna berikut yang merupakan fauna khas Indonesia adalah… a.c. Sebutkan wilayah persebaran fauna di dunia menurut Alfred Russel Wallace! . Jambu c.

Air C. . Bakteri E. Barat C. Penyebaran magluk hidup C. . Bioma tundra humid dan aria 5. . Hewan D. A. A. Tengah D. . Pohon kanifer adalah tunbuhan khas yang berasal dari . australis. . Populasi mahluk hidup D. Habitat mahluk hidup 2. . Keberadaan mahluk hidup pada daerah tertentu disebut . Yang termasuk faktor biotik . Persebaran mahluk hidup B. . . . Timur E. Daerah peralihan meliputi kawasan Indonesia bagian . . Utara B. Bioma tundra sukulen dan annual E. Kelembaban 3. Bioma tundra dibagi menjadi . Nama : Ilham Triastama Absen : 27 Pilihlah salah satu jawaban yangh paling benar! 1. A. Tumbuhan B. Bioma tundra alpin dan terstial C. Bioma tundra arktik dan alpin B. . . A.JAWAB: Wilayah asiatis. Ekosistem mahluk hidup E. Selatan 4. dan peralihan. Bioma tundra terstrial dan arktik D. . . .

. . C.  cara mahluk hidup itu sampai disuatu daerah tertentu 2. . . Apa yang disebut dengan penyebaran mahluk hidup .  Padang rumput yang rumputnya pendek dan terdapat semak belukar Nama : Juniar Edgina Absen : 28 1. . Hutan hujan tropis . . Tumbuhan khas Bioma Taiga adalah . a. Bioma Tundra Bioma Taiga Hutan gugur Hutan basah Prairi Essay 1. . . . . B.A. . Bioma hutan gugur terdapat didaerah yang beriklim . . .  Pohon konifer 4. Apakah yang disebut steppa . E.. Hutan dengan ciri pohon berdaun rindang sehingga matahari tidak dapat menembus celah-celah daun sampai ke tanah disebut. sebutkan faktor yang mempengaruhi persebaran mahluk hidup . D. . .  Sedang 5.  faktor Abiotik  faktor Biotik 3..

a. Tidak semua flora dan fauna dapat hidup serta berkembang pada wilayah tertentu b.. Hutan gugur d. Unsur-unsur yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna adalah. 4 dan 5 b.. a. Jenis-jenis fauna : 1. Harimau 3. a. Suhu dan hujan d. Kanguru 4.b.. Hutan musim c. Terdapat hubungan yang sangat erat antara flora dan fauna d. 2 dan 3 d. Air dan tanah e. Hutan merupakan rintangan bagi semua flora dan fauna untuk menyebar ESSAY !! 1. 1 dan 5 c. Jerapah 5.. Hutan hujan ekuatorial b.. Air dan suhu b.. Bison 2. c. Hujan dan cuaca c. Tundra e. Pernyataan menunjukkan bahwa tidak semua jenis flora dan fauna terdapat pada daerah tertentu. Rintangan geografis tidak dapat diterobos oleh semua jenis flora dan fauna e. Tanah dan iklim 5.. Apa yang dimaksud dengan Bioma? . e. Babon Jenis fauna etiopian ditujukkan oleh nomor. Tundra Hutan gugur Hutan musim Hutan hujan ekuatorial 2. Pernyataan ini membuktikan bahwa.. Beberapa jenis flora telah punah c. 3 dan 4 4. a. Hutan hujan tropis 3. d. Tanah luas yang ditumbuhi rumput dan dikelilingi oleh semak belukar disebut. 1 dan 2 e.

terdapat di daerah dengan curah hujan tinggi. Jelaskan mengenai Stepa! Stepa. sabana semiarid Nama : Karina Raihan Absen : 29 1. . 2. Sebutkan jenis Sabana! Belukar tropis.Bioma adalah pengelompokan ekologis terbsar pada setiap wilayah di permukaan bumi yang didasarkan pada ciri-ciri formasi tambahan. . . sabana. Pohon yang lebat dan rapat hingga membentuk suatu tudung pada hutan hujan tropis disebut . . 3. Daerah Stepa umumnya terdiri atas rumput-rumput pendek dan disenangi oleh semak belukar. hutan sabana.

. d. e. Komodo. Komunitas d. Populasi e. dan maleo e. . Populasi c. Bioma b. Badak. Jelaskan pengertian biosfer! Biosfer adalah bagian dari bumi dan atmosfernya di mana organisme dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya. anoa. c. . Habitat c. Hutan meranggas di daerah iklim sedang e. a. Hutan konifer merupakan tumbuhan khas bioma . Kanguru. kanguru. a. Biosfer Essay !! 1. Kumpulan populasi yang meliputi bermacam-macam spesies dan terdapat ketergantungan antarpopulasi disebut dengan . kera. dan komodo 3. Tundra c. dan komodo b. Liana Rotan Kanopi Epifit Parasit 2. . a. . Kuskus. harimau. .a. Hutan evergreen di daerah subtropik 4. Yang termasuk hewan khas Indonesia bagian barat yaitu . . harimau. . a. . dan orang utan d. . Komunitas d. b. Ekosistem e. Beberapa ekosistem yang terdapat dalam suatu wilayah dengan iklim dan kondisi yang sama dinamakan . Hutan tropis basah d. . Individu b. Gajah. dan kasuari c. Taiga b. . Biosfer 5. . cendrawasih.

sinar matahari dan air e. Hutan konifer merupakan tumbuhan khas bioma. fauna. tumbuhan dan jasad renik d. Hewan. Udara. Sebutkan jenjang/tingkatan kehidupan di muka bumi! Individu. Hutan hujan tropis d. Kelembapan udara e. Jelaskan pengertian populasi! Populasi adalah kumpulan individu dari spesies yang sama yang hidup dan berkembang biak di wilayah tertentu. 3.. Tanah b. Manusia.. Nama : Meiryzka Widyarini Absen : 30 Pilihan Ganda (PG) 1. ekosistem. Hutan meranggas e.. a. Faktor abiotik yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi antara lain. Udara.. komunitas. Taiga c.. Tanah. populasi. Flora.. cuaca dan udara c... sinar matahari dan air . a. kecuali. Tanah 2. tumbuhan. Curah hujan d.2. Hutan evergreen Jawaban: b. Taiga 3. Suhu Jawaban: a. a. Dibawah ini merupakan unsur – unsur iklim yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. air dan manusia Jawaban: d. Tundra b. Angin c. sinar matahari b.

. 3.. Sebutkan 3 macam komunitas tumbuhan! Jawaban: Hutan. Gurun dan Padang . Memiliki pohon yang khaas yaitu pohon akasia Jawaban: e. Terdapat tanaman anggrek dan rotan c. Sebutkan 3 faktor utama yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna! Jawaban: Penyebab. Biogeografi 5. kecuali. Geologi e. Di bawah ini ciri – ciri hutan hujan tropis. Keadaan hutan lembap d. 2. Biogeografi c. Ilmu yang mempelajari tentang persebaran flora dan fauna disebut.. Zoologi d. Curah hujannya tinggi e. Antropologi b. Memiliki pohon yang khaas yaitu pohon akasia Essay 1. a.4. Geomorfologi Jawaban: b.. Sinar matahari tidak dapat menembus ke dasar hutan b. Apa itu biosfer? Jawaban: Biosfer adalah bagian dari bumi dan atmosfernya dimana organisme dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya. a. Sarana dan Hambatan.

Persebaran flora dan fauna dapat disebut juga dengan a. Udara Jawaban: b. Air d. Populasi b. Ekologi d. Wilayah persebaran hewan pertama kali di perkenalkan oleh… a. Wallace c. Huxley b. Scalter . Biogeografi b. a. Berikut ini yang merupakan factor – factor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Alfred Russel d.TUGAS GEOGRAFI Nama : Muhammad Rahadyan Aufa Kelas : XI IPS 2 No. Absen : 31 PG ( Pilihan Ganda ) 1. Sarana 2. Biosfer e. Biogeografi 3. Biokimia c. Tanah e. Sarana c. Populasi Jawaban: a.

Hambatan iklim b. Ekologi d. Kasus Jawaban : c. Ekologi 5. Berikut ini yang bukan merupakan dari hambatan ( barier ) persebaran a. Hambatan bioma e. 2.e. Scalter 4. dan atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. Etnografik b. studi tentang persebaran flora dan fauna dengan sudut pandang interaksi antar organisme dengan lingkungan. air. 3. a. hidrosfer. Fenomenologis e. Lorentz Jawaban : d. dan atmosfer. Hambatan bioma Essay 1.. Lapisan biosfer terdiri dari… Jawaban: terdiri dari litosfer. dan pengaruh interaksinya disebut dengan. Historis c. Ciri – ciri bioma gurun adalah… Jawaban: - - Tingkat evaporasi yang lebih tinggi daripada curah hujan Air tanah yang cenderung asin Curah hujan sangat rendah +25 cm/tahun Kelembapan udara sangat rendah Perbedaan suhu siang dan malam hari sangat tinggi . Hambatan geografis d. Hambatan edafik (tanah) c. Hambatan biologis Jawaban: d. Pengertian biosfer adalah… Jawaban: lapisan lingkungan dipermukaan bumi.

Klimatik dan edafik b. Manusia dan lapisan d. Biologis c. Biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti … a. Individu d.Nama : Nurhayati Absen : 32 1. Hidup dan ilmu e. Hidup dan lapisan b. Curah hujan diatas 2. Populasi e. Faktor utama yang mempengaruhi persebaran hutan hujan tropis di daerah equator ialah … a. Flora seperti kopi. Biologis dan vegetasi e. Kelompok c.000 mm/tahun dan mendapat penyinaran sepanjang tahun berciriciri bioma … . Ekosistem dan lapisan JAWABAN : A 2. Edafik dan topografi JAWABAN : A 4. Persebaran flora di muka bumi tersebar secara merata. Edafik e. Makhluk hidup dan ilmu c. kina. Ekosistem b. Topografi dan biologis d. teh. Edafik dan biologis c.. Bioma JAWABAN : A 3. Klimatik JAWABAN : E 5. Tingkat kehidupan yang kompleks dalam persebaran flora dan fauna pada kumpulan komunitas adalah … a. a.. Manusia b. Flora ini dipengaruhi oleh faktor utama yaitu. Vegetasi d.

Apa yang dimaksud dengan biosfer? Makhluk hidup serta lapisan pada permukaan bumi yang cocok bagi kehidupan. dan antroposfer.a. Taiga e. 2. Tundra c. Adalah lapisan lingkungan di permukaan bumi. Apa saja yang termasuk dalam fenomena geosfer? Litosfer. biosfer. . air. atmosfer. dan atmosfer yang mendukung kehidupan organism 3. Sabana b. Gugur d. hidrosfer. Mengapa air sangat diperlukan dalam pertumbuhan tanaman? Karena air membantu melarutkan dan mengangkat mineral-mineral dalam tanah sehingga mudah diserap oleh tumbuhan. Hutan basah JAWABAN : E Essay !! 1.

Lumba-lumba. kayu manis d. Rafflesia arnoldi c... Paleartik 3. Salah satu tumbuhanyang menempel pada batang-batang pohon dan tidak merugikan pohon tersebut adalah. tapir. Neartik e. dan Papua 3.. Saprofit e. Afrika Utara d.Tansley! Ekosistem adalah suatu sistem yang meliputi komponen tumbuh-tumbuhan. Papua Nugini Ameria Utara 5. Oriental d. a.Nama : Oktavia Arlindie Absen : 1. Asia Barat b. a. Parasit 4.. kasuari. gajah. Jelaskan mengenai keanekaragaman ekosistem! Keanekaragaman ekosistem adalah keanekaragaman genetik. Rotan b. Gajah. kecuali. badak b. beruang c. jenis.dan hambatan penyebaran 5. a. Keanekaragaman ekosistem merupakan keanekaragaman hayati yang paling kompleks e. Tikus. Neotropik c. Terna c. a. Jelaskan ekosistem menurut A. komodo e.. penyebab penyebaran. serta landak merupakan fauna yang hidup di wilayah. Badak d. hewan. Australia b. Sebutkan hal-hal yang mempengaruhi penyebaran fauna di muka bumi! Sarana penyebaran.. Komodo. Kasuari. Tapir. serta lingkungan fisik sebagai tempat hidupnya. Epifit d. bison... Australia c. . Berikut yang termasuk fauna Asiatis adalah. 2. a. Yang termasuk flora endemik di daerah Paparan Sunda adalah. Jelaskan manfaat flora di bidang hiburan dan ilmiah! Keanekaragaman vegetasi dapat digunakan untuk tujuan rekreasi sehingga dapat mendatangkan pendapatan daerah 4. anoa Essay !! 1. Wilayah mana saja yang termasuk kelompok Indo-Australian? Sulawesi. beserta lingkungannya.Anoa. Bagian dari wilayah berikut ini banyak dijumpai gurun. Matoa 2.. Menteng e.. Jati b. badak. Maluku. Nusa Tenggara.

Hutan heterogen b. Ciri-ciri bioma gugur (decidous) antara lain … a.Nama : Risma Detriana Absen : 37 1. Hidup dan lapisan b. Taiga e. Tundra . Makhluk hidup dan ilmu c. Padang rumput c. Hutan jati e. Hutan pinus 5. Tingkat kehidupan yang kompleks dalam persebaran flora dan fauna pada kumpulan komunitas adalah … a. Ekosistem dan lapisan 2.000 mm/tahun dan tumbuhannya rapat d. Hidup dan ilmu e. Gugur d. Bioma 3.000 mm/tahun dan merata serta floranya tidak terlalu rapat 4. Suhu dingin dengan curah hujan > 2. Kelompok c. Ekosistem e. Biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti … a. Individu d. Curah hujan 2. Vegetasi khas yang hidup dan berkembang di daerah tundra adalah … a. Terdapat burung cendrawasih c. Hutan basah c. Sabana b. Curah hujan diatas 2.000 mm/tahun dan cukup penyinaran matahari b. Lumut d. Temperatur udara panas sepanjang tahun dan hujan terjadi secara musiman e. Manusia dan lapisan d. Populasi b. Curah hujan 750 – 1.000 mm/tahun dan mendapat penyinaran sepanjang tahun berciriciri bioma … a.

2. Apa yang dimaksud dengan penyebaran makhkluk hidup? Yaitu bagaimana cara makhkluk hidup sampai di suatu daerah tertentu.Essay !! 1. Hidup b. Apartemen d. 3.? Ekosistem.Manusia . Mati d.. Tempat tinggal makhluk hidup disebut… a. Unsur bumi yang tercangkup dalam biosfer adalah… a. batu dan lumpur c. Api. Absen : 38 1.Hewan . Kontrakan . Lapisan 2.. air dan udara b.Tumbuhan . Komunitas-komunitas yang berbeda dapat tergabung dalam suatu wilayah yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga terbentuk. Habitat c. Daun. akar dan batang d.Bakteri pengurai. Secara etimologi arti dari Sphere adalah… a. Pasir. Sebutkan faktor nonfisik (biotik) yang mempengaruhi persebaran flora & fauna di permukaan bumi ? . bara dan kerikil 3. Lingkungan c. Tanah. Nama : Sarah Hapsari Widianti No. Rumah b.

hambatan geografis dan hambatan biologis adalah sub-sub hambatan dari… a. Adaptasi b. Corniferous 8. yaitu… a. Ada-ada saja 5. Bioma Savana . Faktor terpenting dalam terbentuknya Sabana ialah… a. BioGeografi Sejarah dan Ekologi d. Adaptor c. BioGeografi Sejarah dan Prasejarah b. Hambatan Biosfer 7. Hambatan Barier b. BioGeografi Ekosistem dan Prasejarah 6. Ilmu BioGeografi terbagi dua. Hambatan Septitank d. Kemampuan makhluk hidup dalam mempertahankan keadaan lingkungan demi kelangsungan hidup disebut… a. Bioma yang terluas yang masih ada hingga saat ini adalah bioma… a.4. Stepa b. Hambatan Sumur c. BioGeografi Ekosistem dan Ekologi c. Becekan 9. Bioma padang rumput sering juga disebut sebagai… a. Lumpur b. Hujan c. Hambatan iklim. Ada apa dengan cinta? d. Sabana c. Debu d. Deciduous d. hambatan edafik.

Bioma Padang Rumput c. Jelaskan yang dimaksud dengan Sabana!  Sabana adalah suatu padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon yang tumbuhnya menyebar dan sangat jarang. Wilayah persebaran fauna yang meliputi bagian selatan sampai Amerika bagian Tengah dan Amerika Selatan disebut… a. Jelaskan secara lengkap apa yang dimaksud dengan Wilayah Palearktik!  Wilayah ini meliputi hampir seluruh daratan Eurasia dan beberapa daerah tertentu antara lain Himalaya. air dan atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. Bioma Tundra 10. Bioma Taiga d. Apakah arti dari Biosfer?  Lapisan lingkungan di permukaan bumi. yaitu pohon spruce. Afrika. Keadaan lingkungannya cukup . Wilayah Australis d. serigala dan beruang 5. birch dan juniper  Fauna : Rubah. Wilayah Oriental Essay! 1. Wilayah Neartik b. Wilayah Neotropik c. Sebutkan ciri-ciri dari Bioma Gurun!  Tingkat evaporasi yang lebih tinggi daripada curah hujan  Air tanah yang cenderung asin  Curah hujan sangat rendah ±25 cm/tahun  Kelembapan udara sangat rendah  Perbedaan suhu siang dan malam sangat tinggi 3. Inggris dan Jepang. alder. 4. Sebutkan jenis-jenis flora dan fauna yang biasa ditemukan di Bioma Taiga!  Flora : Konifer. Afganishtan.b. 2.

relief b. Di Indonesia. Faktor biotik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Hewan-hewan yang terdapat di daerah ini adalah bison. landak. Hewan c. Tanah d. NAMA ABSEN : YOSUA MONANG NOBLEMAN : 40 PILIHAN GANDA 1. kecuali … a. ada tempatnya . Manusia d. savana 4. kecuali … a. Faktor abiotik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. kucing kutub dan menjangan kutub. hewan 2. Banyak air c. Makhluk hidup dapat hidup walaupun digurun karena : a. tumbuhan b. iklim 3. Gugur d. taiga b.bervariasi antara lain memiliki perbedaan suhu yang tinggi dan curah hujan yang berbedabeda. Iklim c. Hujan tropis c. persebaran flora dan fauna sangat beragam karena termasuk hutan : a.

Apakah pengertian tumbuhan liana ? 3. D 2. makanan b. dan c benar 5. A 4. Tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain 2. Biotik d. B ESSAY : 1.b. a. Berikan contoh tumbuhan epifit ! KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA : 1. Abiotik c. Sedikit air d. b. C 5. Anggrek . D 3. tempat tinggal ESSAY !!! 1. Apakah pengertian tumbuhan epifit ? 2. Manusia adalah faktor yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna yaitu faktor : a. Tumbuhan yang melompat pada tumbuhan lain 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful