Sie sind auf Seite 1von 11

GEOHIDROLOGI I.

1 PENGERTIAN Hidrologi adalah studi tentang air, dalam pengertian luas hidrologi mempelajari distribusi, gerakan dan kandungan unsur-unsur kimia seluruh air di permukaan bumi. Beberapa definisi yang berkaitan dengan hydrogeology/geohidrology oleh para ahli : 1. Lamarck (1802), orang yang pertama kali menggunakan istilah hydrogeology yang didefinisikan studi fenomena dari degradasi (erosi) dan pengendapan oleh air. 2. 3. Lucas (1879), menggunakan istilah hydrogeology sebagai studi mengenai air bawah tanah (Underground water). !a" (1919), pada buku H#"r$%$&# klasiknya mendefinisikan hydrogeology sebagai studi tentang hukum-hukum terjadinya dan gerakan dari pada subteranian waters (airtanah). Mead menitik beratkan sifat khusus dari studi airtanah sebagai agen geologi. '. !()*!r, yang pertama kali menyebut istilah geohydrology sebagai ilmu yang mempelajari tentang airtanah pada pertemuan !"H ( nternational !sso#iation of "#ientifi# Hydrology) tahun $%&%. 'eohdrologi sebagai #abang dari hidrologi dimana pada siklus hidrologi sebagian berada di permukaan yaitu penguapan, pengembunan, hujan, aliran air permukaan ini sebagai surface hydrology, sebagian siklus hidrologi yang lain akan meresap masuk kedalam tanah dan mengalir di bawah tanah ini yang disebut subterrainian hydrology atau geohydrology. +. !a" dan !()*!r, sebagai ahli hidrologi klasik menggunakan istilah yang berbeda, yaitu hydrogeology dan geohydrology, yaitu termasuk air permukaan dan air bawah permukaan dengan orientasi (dasar) geologi. ,. T$-. (1990), Hidrogeologi dalam bahasa nggris tertulis hydrogeology, bila merujuk dari struktur bahasa maka dapat diuraikan menjadi hydro (merupakan kata sifat yang berarti (mengenai air() dan geology (kata benda), geologi

sehingga dapat diuraikan menjadi geologi air (the geology of water). "e#ara definitif dapat dikatakan merupakan suatu studi dari interaksi antara kerja kerangka batuan dan airtanah. )alam prosesnya studi ini menyangkut aspekaspek fisika dan kimia yang terjadi di dekat atau di bawah permukaan tanah, termasuk di dalamnya adalah transportasi massa, material, reaksi kimia, perubahan temperatur, perubahan topografi dan lainnya yang terjadi dalam skala waktu harian (daily time scale). *ada saat ini persoalan airtanah semakin kompleks dengan adanya kerjasama dari berbagai disiplin ilmu antara lain geologi, hidrologi, hidrolika, agronomi, kimia, fisika sehingga pengertian tentang airtanah sangat luas dan kompleks. "ehingga batasan hydrogeology dan geohydrology semakin kabur. *ada prinsipnya studi ini meliputi sifat fisik, kimia, lingkungan, gerakan, kegunaan dan hal-hal lain yang menyangkut airtanah. lmu Hidrogeologi merupakan perpaduan ilmu geologi dan ilmu hidrolika. )alam buku ini dititik beratkan pada gerakan+aliran air di dalam tanah se#ara hidrolik. 'abungan dua kata hidro dan geologi menunjukkan se#ara implisit pengertian geologi dari air. !tau dengan kata lain adalah merupakan suatu studi tentang interaksi antara kerangka sistem batuan dan atau dengan airtanah. )ari sudut pandang hidrolika maka istilah gerakan aliran dalam tanah dikenal dengan hidrolika dalam media porous, karena air tanah mengalir di antara atau di sela-sela butiran tanah yang sekaligus sebagai media. *engetahuan tentang hidrogeologi ini penting bagi manusia, karena fungsi dan kegunaannya meliputi tiga aspek (T$-., 1990) : !spek sebagai salah satu sumber alam yang dimanfaatkan untuk berbagai ma#am keperluan bagi umat manusia. !spek bagian dari hidrologi di dalam tanah yang mempengaruhi keseimbangan siklus hidrologi global. !spek sebagai anggota+agen dari geologi.

,ebih lanjut T$-. (1990) mengatakan bahwa hidrogeologi merupakan atau termasuk disiplin ilmu yang (relatif) masih muda dan masih terus berkembang se#ara pesat. *ada saat ini, se#ara umum pengembangannya masih dalam batasbatas dasar (basi#), sehingga bila seseorang men#oba untuk mendalami dan mempelajari ilmu ini dapat sekaligus mengembangkannya serta dapat dikaitkan dengan kondisi dan situasi setempat.

I.2. /I0L1/ HIDROLOGI "iklus hidrologi adalah suatu proses peredaran atau daur ulang air se#ara yang berurutan se#ara terus-menerus. *emanasan sinar matahari menjadi pengaruh pada siklus hidrologi. !ir di seluruh permukaan bumi akan menguap bila terkena sinar matahari. *ada ketinggian tertentu ketika temperatur semakin turun uap air akan mengalami kondensasi dan berubah menjadi titik-titik air dan jatuh sebagai hujan.

'ambar $.$ "iklus !ir

"iklus hidrologi dibedakan menjadi tiga, yaitu siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang. /(k%us 2!)"!k )alam siklus pendek, air laut mengalami pemanasan dan menguap menjadi uap air.*ada ketinggian tertentu uap air mengalami kondensasi menjadi awan. Bila butir-butir embun air itu #ukup jenuh dengan uap air, hujan akan turun di atas permukaan laut. /(k%us s!"a)& *ada siklus sedang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin menuju ke daratan. )i daratan uap air membentuk awan yang akhirnya jatuh sebagai hujan di atas daratan. !ir hujan tersebut akan mengalir melalui sungaisungai, selokan dan sebagainya hingga kembali lagi ke laut. /(k%us 2a)3a)& *ada siklus panjang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin ke atas daratan. !danya pendinginan yang men#apai titik beku pada ketinggian tertentu, membuat terbentuknya awan yang mengandung kristal es. !wan tersebut menurunkan hujan es atau salju di pegunungan. )i permukaan bumi es mengalir dalam bentuk gletser, masuk ke sungai dan selanjutnya kembali ke lautan.

I.3. $.

A4A

AIR

!ir Meteoris, merupakan air yang berasal dari atmosfer dan memasuki tanah dengan #ara peresapan (infiltrasi), melalui : sungai atau danau, dan bergerak melalui tanah dengan perkolasi.

..

!ir /u0enil, merupakan air jenis baru yang bersumber dari :

Magmatisme, adalah air yang berasal dari magma 1olkanik, adalah bersama-sama air magma dalam ruang pori di dalam aliran la0a dan menghasilkan struktur skoria, dihasilkan oleh kombinasi 2. dan H. dalam magma yang #air dan sama sekali tidak mengandung gas argon.

3osmis, adalah air yang berasal dari angkasa luar (masih banyak diperdebatkan tentang asalnya).

&. !ir 4onate, merupakan air yang terperangkap dalam pori-pori batuan pada saat terbentuknya batuan (umumnya batuan sedimen), sehingga air tidak bisa keluar lagi (stagnan), disebut juga air fosil, terdapat dalam kantongkantong (lensa) dengan kandungan garam tinggi (&,5 - 67). 6. !ir 8eju0enasi, merupakan air yang ditarik kembali sementara dari siklus hidrologi oleh pelapukan, metamorfosa, dan lain-lain.

I.'. PERILA01 5AT1AN TERHADAP AIRTANAH Berdasarkan pada kondisi fisik batuan dalam kaitannya dalam kemampuan batuan untuk menyimpan airtanah, maka terdapat beberapa istilah sebagai berikut (6!--!r, 199') : $. !kifer (aquifer), yaitu suatu tubuh batuan, tanah atau regolith yang berfungsi sebagai reser0oar dan mempunyai harga porositas serta permeabilitas yang baik sehingga mampu menyimpan dan meluluskan airtanah dalam jumlah #ukup besar dan #ukup suplesi. 4ontoh : batupasir dan batugamping. .. !kitar (aquitar), yaitu batuan atau regolith dengan harga permeabilitas ke#il tetapi masih mengandung airtanah dalam jumlah yang #ukup dan dapat berperan sebagai media trasmisi air yang berasal dari satu akifer ke akifer lainnya. 4ontoh : batulanau, batulempung pasiran. &. !kiklud (aquiclude), yaitu batuan atau regolith yang termasuk katagori kedap air (impermeabel), tetapi masih mampu menyimpan air dalam jumlah yang tidak banyak dan tidak mampu untuk meluluskannya. 4ontoh : batulempung.

6. !kifug (aquifug), yaitu batuan atau regolith yang sama sekali kedap air serta tidak dapat mengandung air dan mempunyai harga permeabilitas nol 4ontoh : granit yang kompak keras. Berdasarkan posisi stratigrafinya, 0ariasi posisi dari akifer, akitar, akifug dan akiklud ditunjang pula dengan sifat-sifat fisik lainnya maka dapat ditentukan berbagai jenis akifer (0rus!ma), 199'), yaitu : a. !kifer Bebas ( Unconfined aquifer ) !kifer ini hanya sebagian yang terisi air dan terletak pad suatu dasar yang kedap. *ada akifer demikian, permukaan air didalam sumur merupakan permukaan bebas atau permukaan phreati#. 9ntuk mudahnya, dianggap tubuh batuan ini tidak mempunyai rumbai-rumbai kapiler (Capillary fringe), dimana sebenarnya tebal tubuh air tanah ber0aria si dari satu titik ketitik lainnya. (gambar $..) 3,3: ; 3oefisien 3elulusan air.

Muka tanah

Muka air tanah akifer ,apisan kedap air (bedrock)

Gam7ar 1.2. !kifer bebas

3eterangan :

b. !kifer >ertekan (Confined aquifer) !kifer tertekan sepenuhnya jenuh dengan air, bagian atas dan bawahnya dibatasi oleh lapisan yang kedap air (praktis mempunyai harga k ; =). *ermukaan air didalam pi<ometer atau sumur yang menembus penuh akifer, yang terletak di atas lapisan yang kedap air. !ir di dalam akifer ini disebut air artesis (Artesian water). (gambar $.&)
Bidang pi<ometri# ,apisan kedap air

3;=
akifer

,apisan kedap air

Gam7ar 1.3. !kifer tertekan 3eterangan :

#. !kifer Bo#or (semi confined aquifer) !kifer ini biasa disebut akifer setengah terkurung yaitu akifer yang sepenuhnya jenuh air yang pada bagian atasnya dibatasi oleh lapisan setengah kedap air (semi permiabel) dan terletak pada dasar yang kedap air. 9ntuk lapisan setengah kedap air biasanya berupa lapisan batuan yang mempunyai harga kelulusan lebih rendah daripada akifer, karenanya aliran mendatar pada lapisan penutup atas yang setengah kedap air tersebut dapat diabaikan. (gambar $.6)

3: ??? 3
Muka tanah Bidang pi<ometri# ,apisan setengah kedap air

akifer ,apisan kedap air

Gam7ar 1.'. !kifer bo#or

3eterangan :

)engan demikian apabila dilakukan pemompaan maka terjadilah penurunan permukaan pi<ometrik didalam akifer. "ebagai akibatnya timbullah aliran tegak yang menembus dari lapisan penutup atas yang setengah kedap air tersebut kedalam akifer, inilah sebabnya akifer ini dikenal sebagai akifer bo#or. 9ntuk dapat menganalisa atau mendeteksi gerakan air di dalam akifer jenis ini pi<ometrik tidak hanya dipasang menerobos akifer saja, tapi juga pada lapisan penutup atas maupun lapisan dasarnya.

d. !kifer "etengah Bebas (Semi Unconfined aquifer) !kifer jenis ini mempunyai lapisan penutup dengan nilai kelulusan sedemikian besar akan tetapi masih lebih ke#il dari kelulusan akifer di bawahnya. )engan demikian aliran mendatar dalam lapisan akifer itu sendiri

tidak dapat diabaikan sehingga akifer ini disebut juga dengan akifer setengah bebas. (gambar $.5)

Muka tanah Muka air tanah

1,1: ; ke#epatan aliran 1: 9kuran ??? 1 airtanah butir halus

1
,apisan kedap air

Gam7ar 1.+. !kifer setengah tertekan 3eterangan :

A(r -a)a. adalah air yang terletak di bawah permukaan tanah dalam tanah pori ruang dan dalam fraktur formasi litologi. "ebuah unit batuan atau deposit tidak dikonsolidasi disebut akuifer ketika dapat menghasilkan kuantitas yang dapat digunakan air. 3edalaman di mana ruang pori tanah atau patahan dan rongga dalam batuan menjadi benar-benar jenuh dengan air disebut muka air . !ir tanah diisi dari atas, dan akhirnya mengalir kepermukaan se#ara alami@ debit alam sering terjadi di mata air dan rembesan , dan dapat membentuk oasis atau lahan basah . !ir tanah juga sering ditarik untuk pertanian , kota dan industri digunakan oleh membangun dan mengoperasikan ekstraksi sumur . "tudi tentang distribusi dan pergerakan air tanah adalah hidrogeologi , juga disebut air tanah hidrologi . P$r$s(-as. *ori merupakan ruang di dalam batuan@ yang selalu terisi oleh fluida, seperti udara, air tawar+asin, minyak atau gas bumi. *orositas suatu batuan sangat

penting dalam eksplorasi dan eksploitasi baik dalam bidang perminyakan maupun dalam bidang air tanah. Hal ini karena porositas merupakan 0ariabel utama untuk menentukan besarnya #adangan fluida yang terdapat dalam suatu massa batuan. P$r$s(-as adalah perbandingan seluruh pemukaan pori dengan 0olume dari batuan. *orositas dihasilkan dari sekumpulan proses-proses geologi yang berpengaruh terhadap proses sedimentasi. *roses-proses ini dapat dibagi menjadi . kelompok, yaitu proses pada saat pengendapan dan proses setelah pengendapan. 3ontrol pada saat pengendapan menyangkut tekstur batupasir (ukuran butir dan sortasi). *roses setelah pengendapan yang berpengaruh terhadap porositas diakibatkan oleh pengaruh fisika dan kimia, yang merupakan fungsi dari temperatur, tekanan efektif dan waktu (Blo#h, $%%$). Beard dan Aeyl ($%B&) menyatakan bahwa porositas sangat ke#il dipengaruhi oleh perubahan dalam ukuran butir dengan sortasi yang sama, tetapi porositas ber0ariasi terhadap sortasi. *enurunan porositas dari 6.,6 7 pada pasir bersortasi baik sampai .B,% 7 pada pasir yang bersortasi sangat jelek. "edangkan 'raton dan Craser ($%&5 dalam Beard D Aeyl, $%B&) menemukan bahwa pengepakan bola sangat kuat hingga berbentuk rhombohedral diperoleh porositas sebesar .E 7 dan pengepakan berbentuk kubus diperoleh porositas 6B,E 7. >etapi di alam pengepakan butiran tidak berbentuk kubus maupun rhombohedral. "elanjutnya "#herer ($%FB) menyatakan bahwa parameter yang paling penting yang berpengaruh terhadap porositas adalah umur, mineralogi (kandungan butiran kuarsa), sortasi dan kedalaman terpendam maksimum. *arameter geologi yang mengontrol porositas 3omposisi butiran mempengaruhi sifat-sifat kimia dan mekanika batupasir. Hal ini akan berpengaruh terhadap porositas selama periode setelah pengendapan dari e0olusi batupasir (Blo#h, $%%$). "#herer ($%FB) menggunakan kelimpahan butiran kuarsa (termasuk di dalamnya kuarsa mono- dan polikristalin dan fragmen batuan yang tersusun dominan oleh kuarsa) sebagai parameter dalam modelnya.

*orositas tidak dipengaruhi oleh ukuran butir tetapi merupakan fungsi dari sortasi. *orositas berkurang se#ara progresif dari pasir bersortasi sangat baik sampai pasir yang bersortasi sangat jelek. "elanjutnya "#herer ($%FB) juga menyatakan bahwa median ukuran butir tidak dapat dijadikan parameter untuk memprediksi porositas. *G8MG!B , >!" P!rm!a7(%(-as adalah kemampuan batuan untuk meloloskan air melalui batuan tersebut *ermeabilitas sukar untuk ditentukan dibawah mikroskop. "alah satu metod pendekatan adalah dengan menempatkan setetes air pada sekeping batuan yang kering yang akan kita analisa dan mengamati ke#epatan air yang merembes. /adi permeabilitas dapat diartikan sebagai ukuran dari ke#epatan perembesan dari fluida-fluida atau air melewati pori-pori batuan biasanya dinyatakan dalam dar#y ($ dar#y adalah $ ## #airan dengan ke#epatan $ #entipoise melalui $ #m. luas bidang, sejauh $ #m dalam $ detik dengan perbedaan tekanan $ atm antar unjungnya). *rimer *ermeabilitas adalah sendiri dapat dibagi menjadi .,yaitu:*ermeabilitas #a0ity). melalui pori dari batuan,sedangkan

permebilitas sekunder melalui kekar, sesar, atai gua hasil pelarutan (solution